Review One Piece World Seeker : Cerita Asik, Pertarungannya Bikin Jenuh

Ganbarion, Developer Game asal Jepang ini merilis sebuah game fighting baru hasil adaptasi serial Manga One Piece yang diberi nama One Piece World Seeker. Dirilisnya game ini pada bulan Maret 2019 lalu sekaligus menjadi kabar gembira bagi para pecinta anime shounen, khususnya One Piece. Apa saja kelebihan dan kekurangan game ini ? Jawabannya akan anda temukan pada Review One Piece World Seeker berikut ini. 


Review One Piece World Seeker

Sejak Terbit Sudah Menawan Hati


Dalam perjalanannya Ganbarion tidak bekerja sendirian, perilisan One Piece World Seeker tersebut dilakukan bersama – sama dengan Bandai Namco Entertainment, perusahaan yang bergerak di bidang pengembangan video game. 

Diperuntukkan bagi pengguna platform PS4, Xbox, dan PC, game bergenre action adventure ini sukses memikat hati para gamers di seluruh penjuru dunia. Karakter yang dimunculkan dalam game ini diantaranya ialah Monkey D Luffy serta seluruh anggota timnya, Akainu, Kuma, Tashigi, Smoker, Kizaru, Sabo, dan yang lainnya. 

Gameplay


Review One Piece World Seeker

Memainkan game ini, anda akan berperan sebagai Monkey D. Luffy yang memulai petualangannya di sebuah markas angkatan laut bernama Prison Island. Namun, petualangan Luffy dan kawan – kawan tidak dapat berjalan mulus karena ternyata mereka terperangkap dalam sebuah jebakan musuh. 

Anda harus membantu Luffy dan kawan – kawan menemukan harta karun yang mereka cari. Nantinya di sepanjang permainan, anda akan menghadapi beberapa battle yang harus anda menangkan guna meraih harta tersembunyi tersebut.

Grafis : Super High Definition 


Kualitas grafis yang ditampilkan dalam permainan ini cukup mengejutkan. Rumput serta assets yang  ditampilkan benar – benar menyerupai aslinya. Belum lagi ditambah dengan detail bangunan yang menggambarkan karakteristik tiap distrik secara maksimal. 

Ada sekitar kurang lebih 5 distrik di dalam game One Piece World Seeker ini, diantaranya ialah distrik pelabuhan, distrik kota, distrik pertambangan, distrik penjara, dan distrik pedesaan. 

Karakter serta komponen bangunan yang ada di dalamnya ditampilkan melalui   grafis tiga dimensi yang cukup realistis dan menjanjikan. Beberapa karakter juga dilengkapi dengan ekspresi wajah yang nampak hidup. Hal tersebut membawa One Piece World Seeker lebih unggul ketimbang game Jump Force yang punya visual cukup mengecewakan. 

Jump Force adalah game besutan Bandai Namco yang dirilis lebih dulu pada tahun 2018 lalu. Kala itu, Jump Force menjadi andalan Bandai Namco untuk menggaet penyuka game Action khususnya pengguna platform PS4. Namun, setelah Bandai Namco meluncurkan One Piece World Seeker, Jump Force mulai dinomorduakan.

Kualitas Suara Yang Oke


Review One Piece World Seeker

Keunggulan lain game One Piece World Seeker ini terletak pada kualitas suara yang cukup baik. Anda akan mendapatkan sound effects berkualitas tinggi yang terbilang cukup stabil, mulai dari saat custscene hingga adegan bertarung. Hal tersebut membuat game ini akan terasa nyaman untuk dimainkan dalam waktu lama. 

Open World Tapi Kok Terbatas ?


One Piece World Seeker dikemas dalam konsep Open World yang diharapkan mampu menghadirkan cakupan dunia yang lebih luas untuk dijelajahi para pemainnya.  Tetapi, alih – alih hadir dengan cakupan area yang lebih luas, One Piece Open World justru menyajikan dunia yang kecil dengan wahana yang minim.

Terdapat beberapa item dan harta karun yang secara jelas diperlihatkan di dalam peta. Namun, sisanya hanya dunia sunyi yang tak banyak variasi. Bahkan interaksi antar karakter pun tidak begitu dominan. Hal tersebut akan membuat game ini kurang diminati oleh sebagian orang terutama pemain yang doyan ngobrol. 

Meski di dalam game disisipkan beberapa NPC (karakter pendamping) dan sederet side quest yang menarik, namun hal tersebut tidak lantas meramaikan plot yang ada. 

Lebih parah lagi, beberapa NPC punya desain yang serupa antara satu dengan yang lainnya, perbedaan hanya terletak pada warna rambut saja. Sedikit mengecewakan memang, di saat game ini berhasil melambungkan harapan anda lewat kualitas grafis yang epik, desain NPC yang ditawarkan justru “biasa” saja.

Sistem Battle Yang Terasa Tidak Luwes


Review One Piece World Seeker

Kekurangan lain game ini ialah menyajikan pertarungan yang kurang menggigit. Jika biasanya, game fighting didukung dengan sound effect yang terbilang ramai, berbeda halnya dengan One Piece Open World yang menyajikan battle mode senyap. 

Mode senyap disini tidak dimaknai secara harfiah, hanya saja minimnya voice acting membuat game ini terkesan “senyap”. Voice akting hanya terdapat pada adegan – adegan tertentu saja, bahkan pada adegan non custscene nyaris tidak ada suara sama sekali. 

Sistem battle yang kaku juga diperlihatkan saat momen musuh terjatuh. Ketika musuh terjatuh, anda harus menunggunya bangkit terlebih dahulu sebelum melanjutkan pertandingan kembali. Mode Fair Play seperti itu sebenarnya tidak menjadi masalah sampai anda menghadapi musuh dengan tipe aerial yang lebih mudah dilibas ketika mereka terjatuh ke bawah.

Selain itu, terdapat kendala teknis lain yang cukup mengganggu jalannya permainan. Salah satunya ialah lamanya durasi yang dibutuhkan pemain dalam menekan tombol segitiga.

Tombol segitiga menjadi tombol strategis yang digunakan untuk memulai percakapan dengan NPC hingga meloot material yang tersebar di beberapa area. Tombol segitiga juga digunakan untuk membuka pintu yang terdapat didalam game. Namun, durasi waktu yang lama membuat proses membuka pintu jadi terkesan rumit. 

Tetapi tidak perlu khawatir, karena durasi tersebut dapat dipercepat seiring bertambahnya skill point yang anda miliki. 

Ada pula hal lain yang menarik untuk dibahas, yakni misi sampingan yang terlalu repetitif. Rata – rata misi yang ditawarkan hanya berkutat pada satu hal saja, seperti mengumpulkan material, atau hal sejenis lainnya. 

Meskipun begitu, anda bisa menemukan misi yang cukup menarik dimana anda harus mengalahkan musuh terlebih dulu sebelum mengumpulkan quest item atau membuntuti boss, dan hal menarik lainnya. 

Dua Pilihan Mode Fighting 


Review One Piece World Seeker

Terdapat dua mode fighting yang bisa anda pilih di dalam game ini, yaitu Observation Haki dan Armament Haki. Observation Haki identik dengan kecepatan, sementara Armament Haki lebih berfokus pada power atau kekuatan Haki. 

Seperti game – game lain pada umumnya, One Piece Open World juga menyediakan item – item keren yang bisa di unlock lewat skill point. Semakin lihai anda menguasai teknik – teknik bertarung maka semakin mudah pula anda membuka item – item rahasia tersebut. 

Teknik bertarung yang dihadirkan disini juga terbilang lengkap. Hampir semua jurus andalan Luffy bisa anda aplikasikan di game ini. Secara keseluruhan, Bandai Namco Entertainment mengemas One Piece World Seeker dengan baik dan penuh totalitas sehingga sensasi yang anda dapatkan ialah seperti “bermain di dalam manga shonen”.

Jadi, bagaimana menurut anda ? Apakah Review One Piece World Seeker ini membuat anda tertarik untuk memainkan game tersebut ? 

Itulah sederet poin penting dalam Review One Piece World Seeker yang bisa anda jadikan gambaran sebelum menjajal keseruan bermain game ini secara langsung. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel